Google dan Facebook Bersatu Membuat Internet Supercepat

Google serta Facebook barusan lakukan kerja sama untuk sediakan jaringan internet super cepat. Ke-2 vendor terbesar tersebut merencanakan untuk bangun kabel bawah laut 120 Terabits per second (Tbps) yang menyambungkan kota Los Angeles, Amerika Serikat, dengan Hong Kong. Nanti, 2 vendor tersebut akan bekerja sama juga dengan Pacific Light Data Communication, anak vendor negeri mata sipit Soft Power Technology. Vendor tersebut termasuk baru dalam soal pengembangan tehnologi kabel bawah laut. Waktu kabel selama 12 ribu km tersebut jalan dalam kemampuan penuh. Diprediksikan proyek ini jadi yang paling tinggi selama kabel trans-Pasific. Rekor itu terlebih dulu dipegang oleh FASTER yang juga diperkembang Google dengan kecepatan sampai 26 Tbps.

cable-laying-ship_fe

Proyek yang pertama kalinya diumumkan pada akhir th. ini diprediksikan menggunakan dana sampai US$ 400 juta sekitaran Rp 5,2 triliun. Kabel yang dipakai bakal terbagi dalam lima gunakan serat. Jadi semasing pasangan itu bakal sediakan bandwidth untuk 24 Tbps. Sesuai sama perjanjian, semasing pihak yang berperan serta dalam pembangunan kabel ini bakal memperoleh jumlah yang sesuai sama. Google menyampaikan semasing perusahaan bakal memperoleh sepasang serat sendiri untuk keperluan jalan raya datanya. Raksasa internet itu juga menyebutkan kabel baru ini bakal ada dengan latensi lebih rendah serta bandwidth yang tambah baik untuk pemakai servicenya di lokasi Asia Pasifik. Hal yang sama saja berlaku untuk pemakai Facebook di lokasi itu.

Kabel anyar ini bakal jadi kabel bawah laut ke enam dari Google. Terlebih dulu, perusahaan itu sudah bekerja sama juga dengan FASTER Consortium untuk bangun jaringan kabel bawah laut yang menghubungkan sarana Google di Taiwan dengan Jepang. Menurut perusahaan itu, pemakaian kabel bawah laut untuk menghadapi penambahan akses data di lokasi Asia. Terutama, banyak warga Asia yang baru on-line untuk pertama kalinya.

Iklan